Selasa, 18 Oktober 2016

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Rambut

Berbeda dengan buah belimbing yang berwarna kuning, belimbing wuluh merupakan salah satu jenis belimbing yang sering disebut sebagai belimbing sayur dan digunakan sebagai penyedap makanan. Belimbing wuluh ini merupakan salah satu tumbuhan yang hidup dengan subur di Indonesia. Bentuk dari belimbing wuluh yaitu bulat lonjong dan memiliki rasa yang sangat asam. Selain digunakan sebagai penyedap dalam masakan, masih banyak manfaat belimbing wuluh lainnya. Salah satu manfaatnya yaitu dapat mengatasi berbagai masalah pada rambut. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat penjelasannya berikut ini.


Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Mengatasi Masalah Pada Rambut


Manfaat Belimbing Wuluh

Jenis belimbing wuluh memang lebih dikenal sebagai salah satu penyedap dalam sebuah masakan. Di samping manfaat belimbing wuluh sebegai penyedap masakan tersebut, ternyata jenis belimbing yang satu ini juga memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai masalah yang sering terjadi pada rambut, diantaranya yaitu dapat mengatasi rambut yang berminyak, sebagai obat anti ketombe, dan menghilangkan kutu rambut secara alami.

1.  Mengatasi Rambut Berminyak

Jika Anda memiliki rambut yang berminyak, cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rambut berminyak tersebut yaitu dengan memanfaatkan belimbing wuluh. Dengan memanfaatkan bahan alami tentunya resiko atau efek samping yang Anda dapatkan tidak berbahaya dibanding Anda menggunakan produk yang mengandung bahan-bahan kimia. Manfaat belimbing wuluh untuk mengurangi minyak yang berlebihan pada rambut Anda dapat dilakukan dengan memblender atau menghaluskan belimbing wuluh. Setelah itu, belimbing wuluh yang sudah dihaluskan Anda gunakan sebagai bahan untuk keramas. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara tersebut dengan rutin, maka dalam beberapa hari rambut Anda menjadi sehat kembali.
2.  Sebagai Obat Anti Ketombe

Buah yang memiliki rasa yang sangat asam ini juga dapat Anda manfaatkan sebagai obat anti ketombe. Umumnya, ketombe dapat dihilangkan secara alami dengan memanfaatkan buah yang memiliki cita rasa asam, seperti belimbing wuluh. Jika rambut Anda bermasalah terhadap ketombe, Anda dapat mencoba untuk mengatasinya dengan menggunakan jenis belimbing yang satu ini. Untuk memanfaatkan belimbing wuluh sebagi obat anti ketombe Anda hanya perlu menyiapkan belimbing sayur atau belimbing wuluh sebanyak satu atau dua buah. Iris belimbing sayur tersebut, lalu usapkan pada rambut Anda yang berketombe. Usapkan secara merata, setelah itu diamkan hingga 15 menit. Kemudian bilas rambut Anda dengan menggunakan air bersih. Manfaat belimbing wuluh sebagai obat anti ketombe ini bukan hanya dapat menghilangkan ketombe yang ada pada kulit kepala Anda, namun rambut Anda juga akan lebih halus. 

3.  Menghilangkan Kutu Rambut

Selain rambut berminyak dan rambut yang berketombe, permasalahan lainnya yang sering terjadi pada rambut Anda yaitu hama yang tinggal di rambut Anda, seperti kutu rambut. Adanya kutu rambut dapat menyebabkan kulit kepala Anda menjadi terasa gatal karena kutu rambut tersebut sedang menghisap darah di kulit kepala Anda.

Oleh karena itu, untuk membasmi kutu rambut tersebut, Anda bisa menghilangkannya secara alami dengan memanfaatkan belimbing wuluh. Hal ini disebabkan karena air yang ada di belimbing wuluh membuat kutu menjadi teracuni. Caranya yaitu dengan menggosokkan belimbing wuluh pada kulit kepala Anda.

Demikianlah berbagai manfaat belimbing wuluh untuk mengatasi berbagai masalah yang sering terjadi di rambut. Menggunakan belimbing wuluh pada rambut Anda ternyata juga dapat membuat rambut menjadi lebih sehat dan tebal. Oleh karena itu, jika Anda memiliki rambut yang tipis, Anda juga dapat menggunakan buah ini untuk menebalkannya.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon