Jumat, 14 Oktober 2016

20 Manfaat Apel yang Menakjubkan Untuk Kesehatan

Apel merupakan salah satu buah favorit bagi sebagian besar orang. Selain rasanya yang enak, nyatanya manfaat buah ini juga sangat bagus bagi kesehatan tubuh manusia. Meski masih sedikit orang yang mengetahuinya secara detail, namun secara umum sebagian orang sudah mengetahui seberapa baik kandungan buah ini.

Anda tidak harus menjadi seorang ahli untuk mengetahui manfaat apel. Pasalnya, dalam pembahasan kali ini akan dijabarkan apa saja kandungan nutrisi dan manfaat buah ini khususnya untuk kesehatan.


Kandungan Nutrisi Buah Apel


Apa saja sebenarnya manfaat apel untuk kesehatan yang membuatnya memiliki pepatah terkenal  "an apple a day, the doctor away", yang artinya bila seseorang memakan satu apel setiap hari, tidak akan ada dokter yang diperlukan, karena buah yang satu ini.

Meskipun akhir ini banyak bermunculan isu seputar apel yang terdapat kandungan zat lillin dikulitnya ataupun apel yang mengandung pestisida, namun Anda tidak perlu khawatir. Bagian kulit apel lah yang memang dikhawatirkan memiliki kandungan zat berbahaya, namun untuk mengatasi hal ini Anda dapat memilih apel organik yang proses perkembangannya dilakukan secara alamiah.

Bagian kulit apel memiliki kandungan gizi terbesar. Jika memakan bagian kulitnya, maka semakin banyak kandungan baik dalam buah ini yang bisa masuk ke dalam tubuh. Dengan begitu, semakin banyak manfaat yang bisa dirasakan. Berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi yang ada dalam buah apel:

1.  Vitamin

Vitamin yang terkandung tidak hanya satu, namun tiga sekaligus. Yang pertama adalah vitamin A, yang sangat baik untuk kesehatan mata. Dalam 100 gram apel, terdapat 3 mikrogram vitamin A.

Selanjutnya adalah vitamin C yang dalam 100 gram terdapat 4.6 gram vitamin C. itu artinya hampir 8%. Meski tidak banyak, ada banyak kandungan lain yang menutupi kekurangan vitamin A dan C ini.

Vitamin B6 menjadi salah satu vitamin yang terkandung dalam buah apel. Dalam 100 gram, terdapat 3% atau sekitar 0.041 miligram vitamin B6.

2.  Folat

Folat sangat baik untuk pertumbuhan janin dan sebagai nutrisi ibu hamil. Meski hanya terkandung 1% tiap 100 gram, namun kandungan folat tidak boleh diremehkan. Seorang ibu hamil harus memenuhi kebutuhan folat hingga cukup untuk janinnya berkembang sempurna. Jadi tidak heran jika buah apel sangat bagus untuk kesehatan ibu hamil.

3.  Serat

Serat terutama serat pangan sangat diperlukan oleh tubuh. Tidak adanya serat pangan alami dari buah akan menyebabkan konstipasi atau sulit buang air besar, sehingga membuat kotoran menumpuk dalam tubuh.

4.  Fenol

Senyawa fenol dalam apel merupakan antioksidan yang bahkan kandungannya bisa lebih tinggi dibandingkan vitamin. Senyawa fenol utama dalam buah ini adalah epikatekin, prosianidin dan kuersetin. Ketiganya merupakan antioksidan aktif yang bisa melawan penyakit tertentu.

5.  Mineral

Kandungan mineral dalam apel ada bermacam-macam. Mulai dari kalsium, fosfor, besi, mangan, zinc, magnesium dan kalium. Semuanya dibutuhkan tubuh manusia untuk beraktivitas. Jumlahnya pun cukup dan tidak berlebihan dalam setiap 100 gram, sehingga dikonsumsi setiap hari pun akan aman.


Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan


Manfaat Apel Untuk Kesehatan

1.  Mencegah dan Mengobati Kanker

Kanker adalah penyakit yang sulit diobati dan menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat. Jadi, tidak heran kalau ilmuwan di berbagai belahan dunia berlomba-lomba untuk mengembangkan obat anti-kanker.

Salah satu zat yang bisa mencegah dan mengobati kanker adalah antioksidan. Antioksidan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah sel kanker semakin menyebar. Antioksidan yang terdapat dalam apel juga salah satunya. Jadi, tidak salah kalau salah satu manfaat buah ini adalah untuk mencegah dan mengobati kanker.

Baca juga: Manfaat Buah Naga

2.  Melancarkan Pencernaan

Anda yang mempunyai masalah pencernaan, maka konsumsilah apel sebagai pelancar pencernaan Anda. Apel mengandung banyak serat pangan yang bagus untuk pencernaan. Serat ini akan membuat sisa-sisa makanan dalam usus sekeras apapun menjadi lebih mudah dikeluarkan.

Mengonsumsi buah apel ini sangat berguna untuk Anda yang ingin menerapkan gaya hidup sehat. Makanlah satu buah apel yang alami tanpa pestisida atau hormon setiap hari. Jangan lupakan kulitnya, kulitnya juga memiliki manfaat penting untuk tubuh Anda. Jadi, konsumsi tanpa mengupasnya sangat dianjurkan dengan syarat dicuci hingga bersih.

3.  Membantu Kerja Usus

Usus bekerja keras setiap hari bahkan saat kita sudah melewati jam makan. Pada saat jam makan, kemungkinan usus masih bekerja menyerap makanan yang dimakan sebelumnya. Sementara setelah jam makan, usus akan bekerja menyerap makanan yang Anda santap saat jam makan.

Untuk membantu kerja usus ini, diperlukan serat dari sayur, buah dan makanan lainnya. Salah satunya adalah buah apel. Konsumsi makanan sehat seperti apel akan memperpanjang umur usus Anda dan juga untuk menghindarkan Anda dari penyakit pencernaan.

4.  Menguatkan Gigi

Untuk merawat kesehatan gigi, yang diperlukan bukanlah memanjakan gigi dengan makanan yang lembek. Justru sebaliknya, makanan bertekstur agak keras akan melatih gigi agar tetap kuat. Akan lebih baik jika makanan tersebut mengandung mineral penting seperti kalsium. Makanan yang paling tepat untuk itu adalah buah apel. Teksturnya yang lumayan keras akan membuat gigi lebih kuat.

5.  Merawat Kesehatan Gusi dan Mulut

Apel mengandung tanin yang dapat mengurangi plak gigi meski hanya sedikit. Selain itu, buah apel yang dikonsumsi dengan cara digigit akan merangsang air liur sebagai pembersih alami untuk gusi dan mulut.

6.  Menguatkan Tulang

Jika bisa menguatkan gigi, maka menguatkan tulang bukan pengecualian. Kalsium serta mineral lainnya dalam apel berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang Anda.

7.  Mencegah Gangguan Pernafasan

Gangguan pernapasan sering terjadi meskipun hanya sebagian kecil saja yang mengalami gangguan pernapasan berat. Jika tidak ingin terkena gangguan tersebut, baru-baru ini membuktikan mengonsumsi jus apel secara rutin bagi orang biasa akan mengurangi resiko terkena gangguan ini. Untuk ibu hamil, konsumsi rutin jus apel akan menurunkan resiko janin terkena gangguan pernapasan.

8.  Mengurangi Resiko Penyakit Otak

Penyakit otak bisa dicegah dengan konsumsi buah dan sayuran segar. Salah satunya adalah apel. Antioksidan, vitamin, mineral, gula buah, hingga karbohidrat dalam apel membuatnya bernutrisi tinggi. Nutrisinya ini akan menjaga kerja otak agar tetap berfungsi dengan baik.

9.  Menyehatkan Jantung

Jantung merupakan organ vital yang harus dijaga kesehatannya. Apel memiliki banyak kandungan yang dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Jadi, dengan konsumsi buah apel secara teratur, jantung Anda menjadi lebih sehat.

10.  Mencegah Penyakit Parkinson

Tidak hanya orang tua, yang masih muda pun bisa terkena penyakit parkinson. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan akan menurunkan resiko terkena penyakit ini. Jadi, apel adalah salah satu makanan sempurna untuk mencegah penyakit parkinson.

11.  Menurunkan Kolesterol

Bermacam-macam buah yang segar dan mengandung banyak air, vitamin dan mineral, dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Jika konsumsi apel bisa menurunkan kolesterol, maka penumpukan kolesterol akan bisa dicegah. Dan jantung Anda menjadi lebih sehat.


12.  Mengobati Sembelit dan Diare

Manfaat apel selanjutnya adalah untuk memperlancar pencernaan. Hal ini berlaku juga untuk penyakit dan gangguan pencernaan seperti konstipasi alias sembelit dan diare. Keduanya dapat diatasi dengan konsumsi buah ini secara teratur.

13.  Mencegah Penyakit Batu Empedu

Empedu merupakan organ penting untuk mencerna lemak. Kalau empedu rusak, maka kolesterol dan lemak tubuh bisa jadi tidak terkontrol lagi. Oleh karena itu, konsumsi apel yang bisa meluruhkan lemak dan kolesterol akan memperpanjang umur dan fungsi empedu Anda.

14.  Mencegah Katarak

Meskipun vitamin A dalam apel sangat sedikit, buah ini masih memiliki kandungan antioksidan yang tinggi untuk menjaga kesehatan mata. Salah satunya adalah untuk mencegah penyakit katarak.

15.  Mencegah Wasir

Menjaga kesehatan pembuluh darah juga penting. Salah satu penyakit yang berhubungan dengan organ ini adalah wasir. Pembengkakan pembuluh darah yang satu ini dapat dikurangi resikonya dengan  konsumsi apel. Apel akan membawa serat-serat baik untuk usus sehingga BAB lebih lancar. 

16.  Detoksifikasi Hati

Lagi-lagi, antioksidan yang tinggi dalam apel akan membuat Anda semakin sehat. Detoksifikasi dapat dilakukan sendiri di rumah, yaitu dengan cara memakan buah-buahan tertentu selama beberapa hari. Untuk detoksifikasi menggunakan apel, Anda harus siap hanya mengonsumsi buah ini paling tidak 2 hari berturut-turut paling sedikit dan paling lama hingga seminggu.

17.  Meningkatkan Sistem Imun

Vitamin dan antioksidan akan membantu sistem imun dalam meningkatkan pembasmian terhadap penyakit yang hinggap dalam tubuh.

18.  Menurunkan Berat Badan

Bagi yang diet, buah apel akan memberi rasa kenyang lebih lama, karena mengandung banyak serat. Jadi tidak perlu mengonsumsi karbohidrat berlebih setiap harinya.

19.  Melembabkan Kulit Kering

Kandungan air dalam apel akan memberikan efek segar pada kulit. Belum lagi, berbagai vitamin, mineral dan antioksidannya akan merawat kulit agar semakin cantik. Tidak heran jika dalam dunia kecantikan, buah ini kerap kali digunakan sebagai masker wajah maupun kulit yang sehat dan menyegarkan.

20.  Mencegah Penyakit Gula

Apel mengandung serat dan gula alami yang tidak akan memicu penyakit diabetes alias penyakit gula. Apel juga akan memberi tekanan terhadap nafsu makan agar tidak membuat Anda ingin makan makanan berkarbohidrat tinggi lainnya.

Itulah berbagai macam manfaat apel untuk kesehatan yang bisa Anda ketahui. Dari sekian banyak manfaat yang dimiliki, buah ini memang layak untuk selalu ada di rumah Anda. Penyimpanan yang tepat akan membuat apel tetap segar dan lezat untuk dikonsumsi. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda!

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon