Minggu, 30 Oktober 2016

15 Manfaat Apel Merah Untuk Kesehatan

Buah apel merupakan buah yang tidak hanya lezat saat dimakan. Buah yang memiliki memiliki aroma wangi dan khas ini juga tersedia dalam berbagai varian yang salah satunya adalah apel merah. Tidak seperti apa yang ada dalam kisah Putri Salju dimana apel merah yang dimakannya beracun, nyatanya penelitian membuktikan ada banyak manfaat apel merah yang penting untuk kesehatan.


Kandungan Nutrisi Apel Merah


Banyaknya manfaat apel merah untuk kesehatan tidak terlepas dari kandungan berbagai jenis nutrisi penting di dalamnya. Beberapa nutrisi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1.  Vitamin

Ada banyak vitamin penting yang terkandung dalam buah apel seperti vitamin A, C, E, K dan berbagai jenis vitamin B. Vitamin B yang terdapat dalam buah apel merah diantaranya adalah B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B5 (pantothenic acid), B6 (pyridoxine) dan B9 (folat). Masing-masing vitamin tersebut memiliki peran tersendiri dalam tubuh seperti B9 yang bertugas menutrisi jaringan saraf.

2.  Mineral

Seperti halnya vitamin, buah apel ini juga mengandung berbagai jenis mineral penting seperti zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, boron dan sebagainya. Diantara berbagai jenis mineral yang terdapat dalam 100 gram buah apel merah, mineral yang memiliki jumlah paling banyak adalah fosfor, yaitu sekitar 11 mg. Fosfor ini dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan hormon dan membantu pembentukan protein.

Selain nutrisi tersebut, buah apel merah juga mengandung nutrisi-nutrisi penting lainnya walaupun hanya dalam jumlah kecil per 100 gramnya. Beberapa diantaranya adalah serat dan potasium. Serat yang ada dalam 100 gram buah apel merah adalah sekitar 4,5 gram sedangkan untuk elektrolit potasium adalah sekitar 107 mg per 100 gram buahnya.


Manfaat Apel Merah Untuk Kesehatan


Manfaat Apel Merah Untuk Kesehatan

Tidak kalah dengan buah apel hijau, buah apel merah juga memiliki banyak manfaat penting bagi tubuh. Beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut.

1.  Mencegah Penyakit Alzheimer

Manfaat yang pertama adalah mencegah penyakit alzheimer. Sebuah percobaan terhadap tikus yang diberi makan buah ini menyimpulkan bahwa kandungan flavonol quercetin dalam buah ini dapat mengobati bagian sel saraf yang terkena dampak alzheimer. Bahkan, zat tersebut memiliki performa lebih baik dibandingkan dengan vitamin C dalam kajian ini.

2.  Menetralisir Sindrom Iritasi Usus

Sindrom iritasi usus umumnya ditandai dengan sakit di area abdomen, diare, hingga sembelit. Orang yang memiliki gangguan seperti ini biasanya disarankan untuk menghindari makanan yang berlemak dan mengandung susu. Sebaliknya, mereka harus mengonsumsi makanan berserat seperti buah apel ini. Kandungan serat dalam apel akan membantu pergerakan usus agar lebih teratur.

3.  Menutrisi Kulit Agar Tampak Lebih Sehat

Manfaat lainnya yang juga penting untuk diketahui adalah memberikan nutrisi pada kulit. Kandungan vitamin C, E dan A, dari buah ini merupakan komponen penting untuk membuat kulit sehat. Vitamin C berguna dalam pembentukan kolagen yang penting untuk kulit. Sementara itu, vitamin A berguna untuk turut melindungi kulit dari kanker.

4.  Mencegah Kanker

Berdasarkan riset Amerika mengenai kanker, konsumsi buah ini secara rutin dapat membantu menurunkan resiko penyakit kanker pankreas hingga 23 persen. Penelitian dari Cornell University juga menemukan bahwa kandungan zat triterpenoid dalam buah ini juga dapat mengatasi pertumbuhan sel-sel kanker. Pectin dalam apel merah berperan khusus mencegah kanker di area pencernaan.

5.  Mencegah Diabetes

Buah apel merah yang mengandung pectin akan mengalihkan oksigen bebas menjadi oksigen penting yang berguna sebagai anti inflamasi untuk mencegah diabetes tipe 2. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian yang menemukan bahwa orang yang mengonsumsi satu buah apel dalam sehari memiliki 28% kemungkinan lebih baik untuk tidak terkena diabetes tipe 2.

6.  Mencegah Penyerapan Kolesterol Jahat

Satu dari sekian banyak manfaat apel merah adalah mencegah penyerapan kolesterol jahat yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan berbagai gangguan kesehatan kompleks. Kolesterol jahat yang masuk ke tubuh akan dicegah masuk ke pembuluh darah oleh serat pectin dalam buah apel merah. Flavonoid dalam buah ini juga akan menghancurkan plak kolesterol dalam pembuluh darah.

7.  Mencegah Gangguan Sistem Pernapasan

Buah apel merah yang kaya polifenol dan fitokimia lainnya juga dapat mengatasi masalah saluran pernapasan seperti asma. Hal ini telah dibuktikan dengan sebuah penelitian pada 2 orang anak yang memiliki asma. Anak yang mengonsumsi jus apel secara rutin memiliki resiko kambuh lebih kecil dibandingkan yang jarang mengonsumsi jus atau air sari apel.

8.  Membantu Proses Detoksifikasi Pada Hati

Toksin yang masuk ke tubuh bersama makanan dan minuman perlu didetoksifikasi di dalam hati. Agar proses detoksifikasi hati menjadi lancar, buah yang kaya nutrisi seperti apel merah perlu dikonsumsi secara rutin. Buah apel merah bisa dimakan bersama kulitnya, karena justru kulitnya mengandung lebih banyak antioksidan. Namun, lebih baik buah tersebut dicuci bersih dahulu sebelum dimakan.

9.  Menurunkan Berat Badan

Manfaat selanjutnya adalah sebagai salah satu sumber nutrisi yang baik dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan diet untuk menurunkan berat badan. Serat maupun kalori yang terkandung dalam buah ini merupakan salah satu nutrisi yang akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Karena asupan dikurangi, timbunan lemak di area tubuh pun bisa terolah menjadi energi.

10.  Menjaga Kesehatan Jantung

Karena mengandung fitokimia quercetin, buah apel merupakan buah yang baik untuk menjaga kesehatan jantung, khususnya dalam mencegah penggumpalan darah di organ ini. Zat ini juga dapat menurunkan resiko pembentukan plak pada pembuluh darah yang sering memicu serangan jantung. Anti inflamasi pada buah ini juga berguna untuk gangguan pada dinding arteri.

11.  Mencegah Penuaan Dini

Selain dikonsumsi, apel merah juga digunakan sebagai masker wajah yang dapat mencegah tanda penuaan dini seperti kerut dan keriput. Kandungan nutrisi dari buah ini juga dapat sekaligus melembabkan kulit. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda harus mengoleskan buah apel yang telah diparut ke seluruh area wajah selama kurang lebih 20 menit sebelum dibersihkan kembali.

Selain mengatasi tanda penuaan dini pada kulit, buah apel juga dapat mengatasi tanda penuaan yang terlihat pada rambut seperti kerontokan rambut. Nutrisi biotin yang terdapat dalam buah ini merupakan komponen penting untuk pertumbuhan rambut dan kuku. Nutrisi ini saat terserap ke rambut akan memperbaiki kualitas rambut yang tumbuh serta mengatasi masalah seperti rambut rontok dan ketombe.

12.  Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat apel merah berikutnya adalah sebagai penyedia nutrisi penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan flavonol yang disebut dengan quercetin dalam apel merah ini akan membentuk sistem pertahanan alami terhadap berbagai jenis infeksi virus dan bakteri. Selain itu, serat dan vitamin C juga secara tidak langsung membantu sistem imun tubuh.
13.  Menyehatkan Gigi

Buah apel merah maupun hijau pada dasarnya memiliki manfaat dalam menyehatkan gigi, khususnya dalam mencegah kerusakan pada gigi. Hal ini dikarenakan ketika proses menggigit dan mengunyah apel, sekresi saliva di mulut akan meningkat. Karena proses ini, kerusakan gigi bisa diminimalisir.

14.  Mencegah Katarak

Kandungan vitamin A dalam buah apel merah berguna untuk mencegah gangguan kesehatan yang terjadi pada mata seperti katarak. Hal ini sebagaimana hasil sebuah penelitian yang mendapatkan kesimpulan bahwa orang-orang yang mengonsumsi buah ini dalam jangka waktu lama memiliki 10-15% kemungkinan lebih baik untuk tidak terkena penyakit katarak.

15.  Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Buah apel merah yang mengandung mineral kalsium juga penting untuk dikonsumsi setiap hari. Kalsium dari buah apel merupakan salah satu sumber kalsium untuk orang yang ingin memperkuat tulang. Dengan asupan kalsium yang cukup, penyakit yang berkaitan dengan kerusakan tulang seperti osteoporosis.

Agar mendapatkan manfaat keseluruhan dari buah ini, Anda harus memastikan untuk mencuci seluruh buah ini selama kurang lebih 10-15 menit sehingga lapisan lilin di bagian terluar apel hilang. Apabila dimasak untuk dikonsumsi, kandungan polifenol dari buah ini akan hilang. Demikianlah info seputar kandungan nutrisi dan manfaat apel merah untuk kesehatan. Semoga info ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon