Minggu, 16 Oktober 2016

30+ Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat alpukat untuk kesehatan memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal ini tentu saja, karena nutrisi yang terkandung di dalamnya. Buah alpukat memang terkenal enak dan sehat. Daging buahnya sangat lezat untuk dimakan secara langsung atau diolah menjadi jus. Tak sedikit pula yang mengolah buah alpukat menjadi beberapa menu makanan lezat seperti cake alpukat, es krim, selai dan lain sebagainya. Hanya saja, mengonsumsinya tanpa bahan tambahan lain tentu akan memaksimalkan khasiat yang ada di dalam buah alpukat.

Alpukat adalah jenis buah yang mengandung lemak nabati tinggi. Lemak ini dapat menggantikan kebutuhan tubuh terkait dengan lemak hewani yang ada di daging. Sehingga sangat cocok untuk Anda yang sedang dalam program diet. Disamping itu, mengonsumsi buah alpukat juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Dengan begitu, Anda bisa mengontrol berat badan yang berlebih. Selain lemak nabati, lantas apa saja kandungan nutrisi yang ada di dalam buah alpukat?


Kandungan Nutrisi Buah Alpukat


Buah alpukat banyak mengandung nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Seperti yang sempat disinggung, buah alpukat memiliki cukup banyak lemak. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena lemak yang terdapat di dalam buah alpukat sangat sehat dan cocok untuk Anda yang sedang diet. Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang terdapat dalam daging buah alpukat.

  • Vitamin A, C, D, E, K dan B6
  • Lemak nabati
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Magnesium dan potassium
  • Antioksidan karetanoid
  • Besi dan fosfor
  • Serat  
  • Beta-sitosterol
  • Glutathione
  • Asam folat
  • Lutein, dan lain sebagainya

Dari daftar kandungan di atas, tentunya tidak mengherankan jika buah alpukat sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Manfaat alpukat tak hanya sekedar untuk kesehatan, karena ternyata buah ini juga berperan penting untuk menjaga kecantikan kulit Anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah alpukat yang perlu Anda ketahui.


Manfaat Buah Alpukat yang Wajib Anda Ketahui


Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan

1.  Mengontrol Tekanan Darah

Buah Alpukat mengandung zat potassium yang tinggi. Sekedar informasi, pottasium sangat berkhasiat untuk mengontrol tekanan di dalam darah. Sehingga Anda akan terhindar dari tekanan darah tinggi yang berbahaya.

2.  Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam buah alpukat terdapat asam folat dan vitamin B6 yang cukup tinggi. Kandungan ini mampu membantu tubuh untuk mengatur kadar homocysteine. Tingginya kadar homosistein sangat berkaitan dengan peningkatan risiko terkena penyakit jantung. Sehingga secara langsung, buah alpukat memiliki peranan yang sangat penting untuk mencegah munculnya penyakit jantung. Tak hanya B6, kandungan glutathione, lemak tak jenuh dan vitamin E yang ada di dalam alpukat juga dapat melindungi jantung.

3.  Anti Inflamasi

Manfaat alpukat untuk kesehatan selanjutnya adalah memiliki sifat anti inflamasi. Dalam alpukat terdapat kandungan phytonutrisi seperti flavonoid dan polifenol yang mampu meminimalisir risiko terjadinya inflamasi serta degeneratif.

4.  Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat buah alpukat selanjutnya adalah menurunkan kolesterol jahat di dalam darah. Hal ini dikarenakan adanya kandungan beta-sitosterol yang berperan sangat penting untuk membantu tubuh menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam darah. Dimana kolesterol tersebutlah yang menjadi salah satu pemicu munculnya penyakit jantung.

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan para ahli, penderita kolesterol tinggi yang mengonsumsi buah alpukat sebagai program diet selama 7 hari mampu mengalami penurunan jumlah kolesterol jahat (LDL) serta trigliserida sebanyak 22 persen. Kolesterol dalam darah juga berkurang menjadi 17 persen. Tak hanya itu, terjadi pula peningkatan kolesterol baik (HDL) sebanyak 11 persen.

5.  Kesehatan Mata

Manfaat alpukat berikutnya adalah menjaga kesehatan mata. Seperti yang diketahui, daging alpukat kaya akan sumber lutein karotenoid. Senyawa ini memiliki fungsi untuk melindungi degenerasi makula serta katarak yang sangat berkaitan dengan usia manusia.

6.  Mengontrol Kadar Gula Di Dalam Darah

Manfaat buah alpukat inilah yang sangat membantu untuk para penderita penyakit diabetes. Di mana mengonsumsi alpukat bisa dijadikan sebagai salah satu menu diet terbaik untuk penderita diabetes. Alpukat mengandung lemak tak jenuh berbentuk tunggal yang artinya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Lemak jenuh ini dapat membantu mengembalikan resistensi insulin sehingga kadar gula darah bisa diatur dengan baik dan tetap stabil.

7.  Mengatasi Kencing Manis

Alpukat sangat baik untuk mengatasi masalah kencing manis. Hal ini dikarenakan buah alpukat mengandung senyawa yang dapat membantu insulin untuk bekerja dengan baik.

8.  Mencegah Penyakit Alzheimer

Tahukah Anda bahwa kandungan yang ada di dalam alpukat sangat baik untuk menutrisi otak agar bisa berfungsi dengan baik. Daging buah alpukat mengandung vitamin E serta Omega 3 yang cukup tinggi. Dimana kedua kandungan tersebut telah teruji dan terbukti mampu menghentikan laju perkembangan penyakit Alzheimer. Penyakit Alzheimer adalah penyakit pikun yang umumnya dialami oleh orang-orang yang sudah lanjut usia.

9.  Mengurangi Peradangan Lambung

Mengonsumsi alpukat dapat membantu tubuh meningkatkan kadar karotenoid yang diperoleh dari hasil menyerap makanan 5 kali lebih baik. Karotenoid merupakan enzim serta nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Adanya karotenoid ini berfungsi untuk mengurangi peradangan lambung serta peradangan yang terjadi pada lapisan mukosa yang terdapat di usus halus.

10.  Mencegah Stroke

Manfaat alpukat untuk kesehatan selanjutnya adalah mencegah timbulnya penyakit stroke. Hal ini dikarenakan adanya kandungan folat yang tinggi dalam buah alpukat. Orang yang mengonsumsi makanan dengan kandungan folat yang tinggi sudah terbukti lebih jarang terkena stroke daripada dengan mereka yang sedikit mengonsumsi makanan yang mengandung folat.

11.  Melawan Radikal Bebas

Daging alpukat memiliki banyak sekali kandungan glutation. Perlu Anda ketahui bahwa glutation merupakan sebuah antioksidan tinggi yang mampu membantu tubuh untuk melawan radikal bebas. Dengan begitu, daya tahan tubuh akan semakin kuat dan racun-racun yang ada dalam tubuh juga dapat dihancurkan.

12.  Mencegah Cacat Lahir Pada Bayi

Manfaat alpukat berikutnya adalah mencegah cacat lahir pada bayi. Tak hanya mencegah munculnya penyakit jantung, kandungan folat yang ada di dalam alpukat juga mampu mencegah cacat lahir pada bayi. Apalagi senyawa folat tersebut juga dipadukan dengan vitamin B yang sangat baik untuk kesehatan janin. Dalam secangkir buah alpukat, setidaknya Anda sudah memenuhi sekitar 23% kebutuhan nilai harian folat dalam tubuh yang direkomendasikan.

Kandungan folat ini sangat baik untuk wanita yang tengah mengandung agar anak yang dilahirkan sempurna tanpa cacat. Sehingga tak heran jika banyak wanita hamil yang dianjurkan untuk mengonsumsi buah alpukat secukupnya.

13.  Mencegah Kanker Prostat

Sudah banyak para ahli yang meneliti bahwa alpukat mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, terutama kanker prostat.

14.  Mencegah Kanker Payudara

Adanya kandungan Asam oleat di dalam alpukat juga sangat efektif untuk mencegah kanker payudara. Oleh karena itu, buah alpukat sangat baik untuk Anda para wanita yang ingin mengurangi risiko terkena penyakit payudara.

15.  Anti Penuaan

Manfaat alpukat selanjutnya adalah mampu melawan gejala penuaan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan yang mampu mengurangi gejala-gejala penuaan pada tubuh. Selain itu, kandungan Glutathione yang ada di dalam alpukat juga mampu memperlambat proses penuaan, meningkatkan daya tahan tubuh serta merangsang sistem saraf untuk tetap sehat.
16.  Memberikan Energi Untuk Tubuh

Manfaat alpukat untuk kesehatan berikutnya adalah memberikan energi yang tinggi untuk tubuh. Buah alpukat adalah jenis buah yang mengandung jumlah kalori cukup tinggi. Tapi tidak perlu khawatir, karena kalori yang dimiliki buah alpukat sangat baik untuk tubuh dan tidak menyebabkan kegemukan. Adanya kalori tersebut tentunya bisa dimanfaatkan oleh tubuh sebagai cadangan energi yang tinggi. Di mana energi ini dapat digunakan untuk aktivitas tubuh sehari-hari.

17.  Cocok Untuk Program Diet

Buah alpukat mengandung serat, protein dan berbagai mineral baik lainnya yang sangat efektif untuk membantu Anda yang tengah menjalani program diet. Kandungan lemak jenuh tunggal yang dimiliki buah ini tentunya dapat menggantikan atau mensubtitusikan kebutuhan lemak hewani yang seringnya menyebabkan berat badan bertambah.

18.  Anti Bakteri Serta Anti Kuman

Tahukah Anda bahwa buah alpukat juga berkhasiat untuk mencegah dan melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit berbahaya yang disebabkan oleh kuman serta bakteri. Alpukat mengandung senyawa yang bersifat anti bakteri dan anti kuman sehingga Anda yang sering mengonsumsi buah alpukat akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik.

19.  Mencegah Keropos Tulang

Alpukat mengandung banyak vitamin K. Seperti yang diketahui vitamin K adalah pelengkap terbaik untuk vitamin D dan kalsium dalam menjaga kesehatan tulang. Adanya kandungan vitamin K dapat membantu tubuh untuk menyerap kalsium lebih baik sehingga keropos tulang bisa diminimalisir.

20.  Anti Depresi

Manfaat alpukat untuk kesehatan selanjutnya adalah sebagai obat anti depresi. Kandungan asam folat yang ada di dalam buah alpukat ternyata juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya penumpukan homosistein. Homosistein yang berlebihan akan mengganggu jumlah produksi dopamine, norepinephrine dan serotonin yang sangat berperan untuk menentukan suasana hati serta menyebabkan insomnia (susah tidur).

21.  Menjaga Kesehatan Pencernaan

Daging alpukat mengandung serat yang tinggi sehingga mampu mencegah sembelit sehingga pencernaan semakin lancar. Alpukat juga mampu mengatasi berbagai gangguan pada sistem pencernaan lainnya seperti wasir dan diare. Sistem pencernaan yang sehat tentu saja akan mencegah munculnya kanker usus yang berbahaya.

22.  Mencegah Penyakit Spina Bifida

Alpukat sangat baik untuk ibu-ibu yang sedang mengandung, karena mampu mencegah munculnya penyakit Spina Bifida pada bayi yang tengah dikandung. Sekedar informasi, Spina Bifida merupakan penyakit di mana jaringan yang ada pada sumsum tulang belakang keluar dari punggung. Adanya resiko tersebut akan dicegah oleh senyawa asam folat yang terdapat dalam alpukat.

23.  Mencegah Kanker Mulut

Tak hanya kanker prostat, kanker payudara dan usus, manfaat alpukat untuk kesehatan lainnya adalah mencegah munculnya penyakit kanker mulut. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa senyawa yang ada di dalam buah alpukat dapat menghancurkan sel kanker mulut tanpa perlu menghancurkan sel sehat yang ada dalam mulut.

24.  Penyerapan Gizi Lebih Baik

Manfaat alpukat berikutnya adalah membantu tubuh untuk menyerap gizi dengan lebih baik. Berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ahli menyebutkan bahwa ada beberapa jenis gizi yang bisa diserap dengan lebih optimal ketika dikonsumsi bersamaan dengan buah alpukat. Buah alpukat juga dapat menyerap karoten lima kali lebih baik sehingga tak heran jika pada sajian salad, kebanyakan dikombinasikan dengan buah alpukat.

25.  Menjaga Daya Tahan Tubuh

Alpukat kaya akan vitamin E. Di mana vitamin ini memiliki fungsi utama melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit serta menjaga daya tahan tubuh secara keseluruhan.

26.  Mengobati Maag

Buah alpukat mengandung banyak serat sehingga sangat baik dikonsumsi untuk penderita maag yang seringkali bermasalah dengan asam lambung. Khasiat alpukat untuk mengatasi maag bahkan sudah diteliti dan diuji oleh banyak peneliti.

27.  Menjaga Kesehatan Gigi

Alpukat mengandung kalsium dan vitamin K yang sangat tinggi. Adanya kandungan tersebut, selain bermanfaat untuk mencegah tulang keropos ternyata juga baik untuk menjaga kesehatan gigi.

28.  Mengatasi Bau Mulut

Mengingat alpukat memiliki kemampuan untuk membersihkan usus dan menjaga kesehatan gigi, tak heran jika buah alpukat merupakan obat bau mulut alami yang sangat baik. Daging alpukat dapat membersihkan lidah yang menjadi penyebab bau pada mulut.

Bagaimana? manfaat alpukat untuk kesehatan ternyata sangat banyak bukan? Tak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan, ternyata buah alpukat juga berperan penting untuk merawat kecantikan kulit dan rambut. Hal tersebut sangat wajar mengingat cukup banyak produk kecantikan yang menggunakan buah alpukat sebagai bahan utamannya.

Manfaat Alpukat Untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Apalagi, khasiat buah alpukat untuk merawat kecantikan kulit juga sudah teruji secara ilmiah dan banyak digunakan oleh orang-orang zaman dulu. Sehingga manfaat alpukat untuk kecantikan tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi. Lantas, apa saja manfaat buah alpukat untuk merawat kecantikan? berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

1.  Menyehatkan Rambut

Manfaat alpukat untuk kecantikan yang pertama adalah memberikan nutrisi yang baik untuk rambut. Alpukat mengandung vitamin E yang dapat menyehatkan rambut. Caranya pemakaiannya sangat mudah. Anda hanya perlu menghaluskan buah alpukat yang sudah matang, lalu dicampurkan dengan telur, yogurt, minyak jojoba dan madu untuk kemudian dijadikan sebagai masker rambut. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bersihkan dengan shampo.

2.  Mencegah Penuaan

Manfaat alpukat untuk kecantikan yang sangat populer di kalangan masyarakat adalah mencegah penuaan. Kandungan antioksidan tinggi yang ada di dalam buah alpukat sangat baik untuk mencegah munculnya gejala penuaan seperti keriput halus dan flek hitam. Antioksidan serta asam amino yang dimiliki buah alpukat juga mampu menangkal radikal bebas serta membuang racun yang menjadi penyebab penuaan dini.

3.  Membersihkan Kulit

Manfaat alpukat untuk kecantikan selanjutnya adalah membersihkan kulit. Alpukat mengandung banyak sekali vitamin A, dimana vitamin tersebut mampu mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati dari kulit. Minyak buah yang dimiliki alpukat bisa meresap ke dalam kulit dengan baik dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan pada lapisan kulit. Selain itu, buah alpukat juga dapat merangsang proses pertumbuhan regenerasi sel kulit sehingga kulit akan terlihat selalu bersih dan sehat.

4.  Pelembab Kulit

Manfaat alpukat untuk kecantikan yang keempat adalah melembabkan kulit. Sehingga Anda yang merasa memiliki wajah kering dan tidak sehat bisa menggunakan masker alpukat untuk mengatasinya. Caranya juga sangat mudah, Anda hanya perlu menghaluskan satu buah alpukat, kemudian dicampur dengan telur, oatmeal dan perasan lemon. Tempelkan dan biarkan selama 20 menit, lalu bilas.

5.  Membuat Kulit Lebih Kenyal

Manfaat alpukat untuk kecantikan selanjutnya adalah meningkatkan elastisitas kulit serta memenuhi kebutuhan kulit terkait dengan kadar air. Hal ini dikarenakan adanya kandungan karotenoid yang berkhasiat untuk membuat kulit menjadi lebih kenyal dan meminimalisir kerusakan lipid kulit.

6.  Mencegah Munculnya Jerawat

Alpukat mengandung senyawa anti kuman dan bakteri. Sehingga sangat baik untuk mencegah munculnya jerawat pada wajah.
7.  Menghaluskan Kulit

Nutrisi yang terkandung dalam buah alpukat juga berkhasiat untuk menghaluskan kulit. Dengan begitu, kulit Anda akan tampak lebih cantik dan menawan.

Demikian ulasan mengenai manfaat buah alpukat untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan Anda.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon